taubat

بسم الله

Taubat adalah ibadah yang sangat agung. Begitu agungnya sampai-sampai banyak ayat Qur’an yang menyinggung tentang keutamaan taubat.

Allah ta’ala berfirman,

إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ التَّوَّابِينَ وَيُحِبُّ الْمُتَطَهِّرِينَ

“Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang suka membersihkan diri.” (Al-Baqarah: 222)

Sehingga jika kita ingin dicintai Allah hendaknya sering bertaubat kepadaNya, karena semakin kita sering bertaubat maka semakin dicintai Allah subhanahu wata’alaa.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

طُوْبَى لِمَنْ وَجَدَ فِيْ صَحِيْفَتِهِ اسْتِغْفَارَا كَِشِيْرًا

“Beruntunglah orang yang mendapati dalam shahifah (catatan amalnya) istighfar yang banyak.” (H.R Ibnu majah dengan sanad hasan shahih). (Aunul Ma’bud, 4/267)

Ketahuilah bahwa beristighfar kepada Allah adalah ibadah yang ringan namun pahalanya besar. Karena dengan melakukan ibadah ini menunjukkan ketundukan kita dihadapan Allah, mengakui kehinaan dan betapa lemahnya kita di hadapan Allah, dan ini merupakan ibadah yang sangat dicintai Allah subhanahu wata’alaa.

Bahkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menegaskan bahwa diantara tujuan penciptaan manusia adalah Allah menjadikan mereka makhluk yang pasti berdosa agar mereka bertaubat, beliau berkata:

وَالَّذِى نَفْسِى بِيَدِهِ لَوْ لَمْ تُذْنِبُوا لَذَهَبَ اللَّهُ بِكُمْ وَلَجَاءَ بِقَوْمٍ يُذْنِبُونَ فَيَسْتَغْفِرُونَ اللَّهَ فَيَغْفِرُ لَهُمْ

“Demi Dzat yang jiwaku berada di tanganNya, kalau kalian tidak berdosa maka Allah akan menjadikan kalian sirna, lalu Allah akan mendatangkan suatu kaum yg mereka berdosa lalu mereka bertaubat kepada Allah lalu Allah mengampuni mereka.” (HR Muslim no 7141)

Oleh karena itu tidaklah mengherankan jika seorang hamba berdosa kemudian bertaubat maka mulialah dia. Akan tetapi jika ia tidak bertaubat kepada Allah maka itulah yang membuatnya tercela dan terpuruk. Wallahu a’lam.

(Ust. Firanda Andirja)

_/////✒️

Reshare by Yayasan Islam Al-Furqon (YIAF) Magelang

www.yiafcare.com
Follow IG: www.instagram.com/yiafcare
Like FB: www.facebook.com/yiafcare

Mari Beramal Jariyah dalam Pembangunan Markas Tahfidz Al-Furqon Putri II
Di Dusun Bulu, desa Podosoka, Kecamatan Sawangan Kab. Magelang

Silakan kontak 0819 1550 2000 (Ust. Muhammad Wujud), untuk informasi dan konfirmasi..