kafir di neraka

YIAFCARE | Sahabat Abdullah Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma minum segelas air dingin, tiba-tiba beliau tersedak dan menangis sedih.

Kemudian Beliau ditanya, “Wahai Aba Abdirrahman apa yang membuatmu menangis??”

Beliau jawab, ‘Aku teringat sebuah ayat dalam Al-Qur’an ;

{ وَحِيلَ بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ مَا يَشْتَهُونَ}

“Dan mereka terhalang di sana (Neraka) dari segala apa yang mereka inginkan.”

Dan aku tahu satu-satunya keinginan penduduk neraka adalah meminta air minum dingin seperti dalam ayat,

{ وَنَادَى أَصْحَابُ النَّارِ أَصْحَابَ الْجَنَّةِ أَنْ أَفِيضُوا عَلَيْنَا مِنَ الْمَاءِ أَوْ مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّهُ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ حَرَّمَهُمَا عَلَى الْكَافِرِينَ }

“Dan penduduk neraka memanggil penduduk surga meminta agar memberikan mereka air atau apa saja yang menjadi rizki kalian. Mereka (penduduk surga) menjawab, ‘Sesungguhnya Allah Ta’ala mengharamkan keduanya bagi orang-orang kafir.'” Al A’raaf 50

[Kitabuz Zuhd karya Imam Ahmad 1055]

Ada hikmah yang mendalam yang patut kita renungi, bagaimana menyedihkan dan tersiksanya kelak nasib para penduduk neraka, di tengah siksaan dan panas yang mendera itu, mereka hanya ingin diberikan seteguk air, namun semua itu tetap Allah ﷻ haramkan. 

Maka jika Sahabat Abdullah Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma saja menangis atas khawatir akan hal itu, lalu pantaskah apabila kita tidak gelisah? Bagaimana dengan kita yang belum ada jaminan selamat dari neraka dan belum tahu apakah akhir kehidupan kita meninggal dalam keadaan Islam atau kafir, tidakkah kita takut akan keadaan itu??

يَا وَلِيَّ الْإِسْلَامِ وَأَهْلِهِ مَسِّكْنِي الْإِسْلَامَ حَتَّى أَلْقَاكَ عَلَيْهِ

“Wahai Dzat yang melindungi Islam dan pemeluknya. Kokohkanlah kami di atas Islam sampai kami menemui-Mu dengan membawanya.” (HR. ath-Thabrani, Silsilatul Ahadits Ash-Shahihah 3/463-465, no. 1476)

Semoga Allah ﷻ wafatkan kita semua dalam keadaan Islam dan husnul khatimah. Aamiin.

(Sumber: Habibie Quotes)


Yayasan Islam Al-Furqon Magelang

www.yiafcare.com

www.facebook.com/yiafcare

www.instagram.com/yiafcare

WhatsApp: 081915502000 (Ust. Muhammad Wujud)