Ayat-ayat Al-Qur’an Panggilan Ar-Rohman kepada Insan

#4 PERINTAH IMAN DAN LARANGAN KUFUR

QS. An-Nisa’/4: 170

يَاأَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُمُ الرَّسُولُ بِالْحَقِّ مِنْ رَبِّكُمْ فَآمِنُوا خَيْرًا لَكُمْ وَإِنْ تَكْفُرُوا فَإِنَّ لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَكَانَ اللَّهُ عَلِيمًا حَكِيمًا

“Hai sekalian manusia, sesungguhnya telah datang Rasul (Muhammad) itu kepadamu dengan (membawa) kebenaran dari Tuhanmu, maka berimanlah kamu, itulah yang lebih baik bagimu. Dan jika kamu kafir, (maka kekafiran itu tidak merugikan Allah sedikitpun) karena sesungguhnya apa yang di langit dan di bumi itu adalah kepunyaan Allah. Dan adalah Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.” (QS. An-Nisa’/4: 170)

PETUNJUK-PETUNJUK AYAT:

  1. Persaksian Alloh Ta’ala bahwa Nabi Muhammad adalah Rasul (utusan)Nya, dan Alloh cukup menjadi saksi. Ini adalah bukti kebenaran Nabi Muhammad sebagai utusan Alloh.
  2. Ukuran kebenaran adalah apa yang dibawa oleh Nabi Muhammad dari Alloh, yaitu kitab suci Al-Qur’an dan hadits-hadits Nabi yang shohih. Bukan dengan akal, adat, atau perasaan semata.
  3. Perintah Alloh Ta’ala kepada manusia untuk beriman kepada Nabi Muhammad, dan iman itu adalah kebaikan bagi manusia.
  4. Beriman kepada Nabi Muhammad yaitu: meyakini berita yang dibawa oleh Nabi Muhammad sholallahu ‘alaihi wasallam dari Alloh Ta’ala disertai dengan kecintaan dan ketundukan terhadap perintah dan larangannya.
  5. Kekafiran manusia hanya merugikan dirinya sendiri, tidak merugikan Allah sedikitpun, karena sesungguhnya apa yang di langit dan di bumi itu adalah kepunyaan Allah.
  6. Beriman kepada nama Alloh Al-‘Aliim, Yang Maha Mengetahui, dan sifat Alloh al-ilmu, dan bahwa ilmu Alloh meliputi segala sesuatu.
  7. Beriman kepada nama Alloh Al-Hakiim, Yang Maha Bijaksana, dan sifat Alloh al-hikmah, dan bahwa semua yang terjadi di dunia ini dan semua syari’at Alloh pasti ada hikmahnya.

Inilah sedikit penjelasan dari ayat yang agung ini. Semoga Alloh selalu membimbing kita di atas jalan yang lurus.

(Ust. Muslim Atsari)