YIAFCARE.COM | Sesungguhnya segala puji milik Alloh, kami memuji-Nya, mohon pertolongan kepada-Nya, dan memohon ampunan kepada-Nya. Dan kami memohon perlindungan kepada-Nya dari kejahatan jiwa kami dan dari keburukan amalan kami.
Barangsiapa Alloh beri petunjuk, tidak ada seorangpun yang menyesatkannya. Dan barangsiapa Alloh sesatkan, maka tidak ada yang memberinya petunjuk.

Kami bersaksi bahwa tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Alloh, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad sholallohu ‘alaihi wa sallam adalah hamba dan utusan-Nya. Semoga Alloh selalu memberikan shalawat dan salam kepada beliau, keluarga, para sahabat beliau, serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik sampai Hari Pembalasan. Amma ba’du:

Sesungguhnya keselamatan manusia adalah dengan beribadah kepada Alloh semata, dan tidak menyekutukan dengan sesuatu apapun. Kemudian ibadah itu harus dilakukan dengan cara mengikuti Sunnah Nabi Muhammad sholallohu ‘alaihi wa sallam.

Melaksanakan semampunya apa saja yang beliau perintahkan, menjauhi apa saja yang beliau larang, dan meyakini apa saja yang beliau beritakan.

Barangsiapa menyelisihi perintah beliau dikhawatirkan tertimpa bencana di dunia dan di akhirat.

Alloh Ta’ala berfirman:

فَلْيَحْذَرِ الَّذِينَ يُخَالِفُونَ عَنْ أَمْرِهِ أَن تُصِيبَهُمْ فِتْنَةٌ أَوْ يُصِيبَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ

“Maka hendaklah orang-orang yang menyalahi perintah-nya (Rosulullah) takut akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih.” (QS. An-Nur/24: 63)

Termasuk ibadah yang terbesar setelah syahadatain adalah menegakkan sholat. Karena sholat merupakan tiang agama, rukun Islam yang kedua, amalan terbesar setelah syahadatain, dan merupakan pembeda antara orang mukmin dengan orang kafir.

Demikian juga melaksanakan sholat wajib lima waktu di masjid dengan berjama’ah -khususnya bagi laki-laki- merupakan perkara yang sangat diperhatikan di dalam Islam.

Namun kita lihat kenyataan banyak umat Islam melalaikan ibadah agung tersebut. Maka di sini kami akan menyampaikan beberapa keterangan agama yang menunjukkan keutamaan sholat jama’ah, semoga dapat menggugah semangat umat untuk memakmurkan masjid Alloh Ta’ala.

Inilah di antara keutamaan sholat jama’ah di masjid:
Maka kami tergugah untuk mengumpulkan hadits-hadits shohih atau hasan yang menunjukkan tentang keutamaan sholat lima waktu, dan kedudukannya yang sangat agung di dalam agama Islam.

Dan tulisan ini kami beri nama: “EMPAT PULUH HADITS TENTANG TENTANG SHOLAT JAMAAH DI MASJID

Semoga tulisan ini menambah ilmu dan iman kita, sehingga bersemangat untuk menegakkan sholat lima waktu dengan sebaik-baiknya.
Semoga sholawat dan salam selalu dilimpahkan kepada Nabi kita, Muhammad, para sahabatnya, dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan sebaik-baiknya sampai Hari Pembalasan.

Wal hamdulillahi Robbil ‘Alamiin.

(Ust. Muslim Atsari)