quran yiafcare

عَنْ أَبِي شُرَيْحٍ الْخُزَاعِيِّ، قَالَ: خَرَجَ عَلَيْنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، فَقَالَ: “أَبْشِرُوا وَأَبْشِرُوا، أَلَيْسَ تَشْهَدُونَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَأَنِّي رَسُولُ اللَّهِ؟ ” قَالُوا: نَعَمْ، قَالَ: “فَإِنَّ هَذَا الْقُرْآنَ سَبَبٌ طَرَفُهُ بِيَدِ اللَّهِ، وَطَرَفُهُ بِأَيْدِيكُمْ، فَتَمَسَّكُوا بِهِ، فَإِنَّكُمْ لَنْ تَضِلُّوا، وَلَنْ تَهْلِكُوا بَعْدَهُ أَبَدًا”

Dari Abu Syuroih Al-Khuza’iy, dia berkata: Rosululloh shollalohu ‘alaihi wa sallam keluar menemui kami, lalu bersabda:
“Bergembiralah! Bergembiralah! Bukankah kamu bersaksi bahwa tidak ada ilah (yang haq) kecuali Allah, dan bahwa aku adalah utusan Alloh?”

Mereka menjawab: “Ya”.

Beliau bersabda: “Sesungguhnya Al-Qur’an ini adalah tali (yang agung dari Alloh), ujungnya di tangan Alloh, dan ujung satunya di tangan kamu, maka pegangilah Al-Qur’an, sesungguhnya kamu tidak akan sesat dan tidak akan binasa selamanya setelah berpegang dengan Al-Qur’an”.
(HR. Ibnu Hibban di dalam Shohihnya, no. 122; Ibnu Abi Syaibah di dalam Al-Mushonnaf, no. 30006. Dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani di dalam Ash-Shohihah, no. 713; dan dihasankan oleh Syaikh Syu’aib Al-Arnauth di dalam Takhrij Ibni Hibban)

🌷 FAWAID HADITS

Ada beberapa faedah yang bisa kita ambil dari hadits ini, antara lain:

[ 1️⃣ ] Disyari’atkan memberikan kabar gembira kepada kaum muslimin dalam perkara-perkara kebaikan di dunia atau akhirat.

[ 2️⃣ ] Keutamaan menjadi seorang muslim, yang bersaksi bahwa tidak ada ilah yang haq kecuali Allah, dan Nabi Muhammad shollalohu ‘alaihi wa sallam sebagai utusan Alloh.

[ 3️⃣ ] Keutamaan generasi sahabat di dalam keimanan dan kebaikan, sehingga generasi sesudahnya wajib mengikuti jalan mereka dengan sebaik-baiknya.

[ 4️⃣ ] Al-Qur’an adalah tali yang agung dari Alloh, ujungnya di tangan Alloh, dan ujung satunya di tangan kaum muslimin.

[ 5️⃣ ] Petunjuk dan keselamatan adalah dengan berpegang dengan Al-Qur’an. Maka sudah seharusnya kita berusaha banyak membacanya, menghafalnya, memahaminya, mengamalkannya, dan menyebarkannya.

Inilah sedikit penjelasan tentang hadits yang agung ini. Semoga Alloh selalu memudahkan kita untuk melaksanakan ketaatan dan menjauhi kemaksiatan. Dan selalu membimbing kita di atas jalan kebenaran menuju sorga-Nya yang penuh kebaikan.

Dari serial artikel “Hadits-hadits Fadhail Al-Qur’an #1′, ditulis oleh Ust. Muslim Atsari

_/////✒️

Reshare by Yayasan Islam Al-Furqon (YIAF) Magelang

www.yiafcare.com
Follow IG: www.instagram.com/yiafcare
Like FB: www.facebook.com/yiafcare

Mari Beramal Jariyah
dalam Pembangunan Markas Tahfidz Al-Furqon Putri II
Di Dusun Bulu, desa Podosoka, Kecamatan Sawangan Kab. Magelang

Infaq Anda bisa dititipkan via transfer ke rekening:
BRI 004801001094565 a.n Yayasan Al Furqon
atau
BCA 3440031357 a.n Muhammad Wujud

Silakan kontak 0819 1550 2000 (Ust. Muhammad Wujud), untuk informasi dan konfirmasi..